KPU Bengkulu Selatan Dilaporkan ke Bawaslu

Bengkulu Selatan, Jemaukitau.com – Kesalah an input perolehan suara peserta Pemilu 2019 di Situng (website) semakin banyak ditemukan. Termasuk di Kabupaten Bengkulu Selatan. Sehubungan dengan kesalahan input data tersebut, KPU Bengkulu Selatan dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Bengkulu.

“Laporan resmi sudah diterima Bawaslu Provinsi Bengkulu dengan no pengaduan 04/LP/PP/Prov/07.00/V/2019, ini hanya bagian cara rakyat mengoreksi,” tulis Melyan Sori melalui akun facebooknya, 04 Mei 2019.

Selain KPU Bengkulu Selatan, Melyan Sori selaku pelapor juga melaporkan kesalahan input data Situng KPU untuk suara DPR RI Dapil Bengkulu, oleh KPU Kabupaten Mukomuko dan KPU Kabupaten Kaur.

Dalam video yang diunggahnya ke facebook, Melyan Sori menemukan salah satu contoh kesalahan input data ke Situng oleh KPU Bengkulu Selatan. Seperti yang terjadi di TPS I Desa Lubuk Resam Kecamatan Kedurang. Yang mana di Situng pada TPS tersebut tertulis kosong semua. Sementara di lampiram scan CI terdapat pengguna hak suara sebanyal 202 orang.

“Sebetulnya ini kerja yang tidak bagus oleh KPU. Kan gak mungkin kosong semua,” sampai Melyan Sori.

Temuan lainnya menurut Melyan Sori, kesalahan input terjadi oleh KPU Muko-Muko di TPS 2 Tirta Makmur Kecamatan Air Manjuto, yang mana perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Situng tertulis 116, sementara di scan C1 tertulis 16.

Di Kabupaten Kaur ditemukan kesalahan input data ke Situng di TPS I Tanjung Ganti Kecamatan Maje. Dimana pada scan C1 perolehan suara Partai Golkar berjumlah 19 suara sedangkan pada Situng diinput 119 suara. Keanehan lainnya, perolehan suara untuk Partai Golkar di TPS 1 Tanjung Ganti dengan rincian suara partai 2, calon nomor 1 memperoleh 15 suara, calon dua sebanyak 2 suara dan calon nomor empat 1 suara. Namun total suara partai Golkar di scan CI ditulis 119, padahal seharusnya total suara Golkar 19 suara.

Temuan di TPS 2 Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam, ditemukan salah input oleh KPU Muko-Muko yang mana total suara PDIP melebihi jumlah suara sah. Yang mana suara PDIP di scan CI berjumlah 69 tertulis 269 suara di situng. Sementara jumlah suara sah di TPS tersebut hanya 179.

Melyan Sori berkeyakinan kesalahan input yang ditemukannya ini hanyalah sebagian kecil yang terkuak. Menurutnya tidak menutul kemungkinan masih banyak lagi kesalahan lainnya. Bukan hanya untuk perhitungan DPR RI, namun juga DPD RI, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi maupun Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Dengan laporan ini kita berharap Bawaslu Provinsi Bengkulu segera melakukan proses menindaklanjuti laporan ini, merekomendasikan ada perbaikan, dan orang yang melakukan kesalahan disanksi,” tegas Melyan Sori.

Kesalahan KPU ini, menurut Melyan Sori sebetulnya bisa juga dilaporkan ke DKPP karen dianggap tidak profesional.

Ditambahkan Melyan Sori, apa yang ditampilkan di website Situng ini bisa saja membentuk opini di masyarakat. Karena Situng juga menjadi patokan masyarakat untuk melihat perolehan suara.

“Ketidaksingkronan antara scan C1 dan data di Situng ini cenderung ke arah penyesatan. Untuk apa menayangkan website, yang itu sudah jelas ada kesalahan,” kritisi Melyan Sori.

319total visits,1visits today

Post Author: jemaukitau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *